Selasa, 04 Januari 2011

will.i.am

Latar belakang:
Nama asli: William James Adams, Jr.
Lahir: 15 Maret 1975 Inglewood, California, AS.
Aliran musik: Hip hop, electro house, R&B, experimental hip hop, alternative hip hop, funky house, techno
Pekerjaan: Rapper, Aktor, Penyanyi, Penulis lagu, produser, dancer
Instrumen: Vocals, keyboards, bass, clavinet, drums, piano
Tahun aktif: 1991-present
Label: Ruthless, Warner Sunset, Atlantic, Geffen, A&M, Interscope, Columbia, will.i.am music group
Pernah berkolaborasi dengan: The Black Eyed Peas, David Guetta, Fergie, Cheryl Cole, Cher Lloyd, Nicole Scherzinger, Michael Jackson, Macy Gray, Flo Rida, Usher, 2NE1, Sergio Mendes, Nicki Minaj, k'naan, Derk Moskowitz
Website: www.will-i-am.com

William James Adams, Jr (lahir 15 Maret 1975), lebih dikenal dengan nama will.i.am (will-i-am) dan kadang-kadang disebut dengan nama panggung Zuper Blahq, adalah rapper dari Amerika, musisi, penulis lagu, penyanyi, aktor, dan produser. will.i.am makin dikenal pada pertengahan tahun 1990-an sebagai anggota kelompok hip hop The Black Eyed Peas bersama dengan rapper apl.de.ap, Taboo, dan Fergie. Sebagai produser, ia telah memproduseri beberapa penyanyi lain termasuk Cheryl Cole, Daddy Yankee, Usher, dan membantu memproduseri album remix Michael Jackson.

Discography:
Lost Change (2001)
Must B 21 (2003)
Songs About Girls (2007)

Awal kehidupan

will.i.am lahir dan dibesarkan di daerah proyek East Los Angeles, California. Ia tidak pernah bertemu dengan ayahnya, William Adams, Sr., ia cuma dibesarkan oleh ibunya, Debra, yang menuntun dia untuk menjadi yang terbaik dan menghindari dari kebiasaan pemuda lain di lingkungan nya East LA. Dia mendukung untuk karir musiknya dengan mengirim will untuk sekolah di Pacific Palisades di Los Angeles. Saat menghadiri Palisades Piagam High School, will.i.am bertemu dengan Allan Lindo (dijuluki apl.de.ap), dan mereka berdua berteman, yang juga anggota The Black Eyed Peas nantinya. Sementara masih dalam perguruan tinggi, will.i.am dan apl.de.ap tampil di klub East LA dan segera bergabung dengan tiga penyanyi lainnya untuk membentuk grup rap sadar sosial, Atban Klann. Atban Klann menarik perhatian Compton, rapper dari Eazy-E, dan Atban Klann telah menandatangani kontrak dengan label nya, Ruthless Records pada tahun 1991.

Karir musik

Ketika William (will.i.am) berusia 16 tahun, ia mulai berkarir pada akhir tahun 1991 dengan nama "Will-1X", setelah ditemukan oleh rapper dan mantan anggota N.W.A., Compton, dan dia menandatangani kesepakatan dengan pimpinan Eazy-E Ruthless Records. lagu rap pertama will.i.am adalah "Merry Muthafuckin' Xmas" dari album EP Eazy-E di tahun 1992, "5150: Home 4 tha Sick". Tak lama setelah kematian Eazy-E pada tahun 1995, Will keluar dari Ruthless untuk membentuk sebuah band yang nantinya akan menjadi The Black Eyed Peas.

will.i.am tampil pada tahun 2004, menyanyikan lagu "Secrets" di Dexter's Laboratory: The Hip-Hop Experiment untuk Dexter's Laboratory pada Cartoon Network. will.i.am juga berkolaborasi dengan Flo Rida dalam album debut Flo Rida, Mail on Sunday, pada lagu "In The Ayer", dan pada album Usher, Here I Stand, pada lagu, "What's Your Name". Pada tahun 2008, will.i.am disewa oleh Michael Jackson untuk memproduksi remix pada beberapa lagu pada album Thriller untuk dirilis ulang, Thriller 25. Juga di tahun 2008, will.i.am menyumbangkan lagu, "One People", untuk album amal, yaitu Songs for Survival.

Zuppa Blahq adalah nama untuk musik elektro house will.i.am yang telah dirilis, ia memiliki satu lagu solo yang dirilis dan satu lagu yang berkolaborasi dengan Steve Aoki dalam single "I'm In The House", yang memasuki pada nomer #29 pada UK Singles Chart. Promo musik untuk single ini dirilis September 2009, disutradarai oleh James Sutton.

Pada tahun 2009, will.i.am bekerja sama dengan rapper Flo Rida dan Akon pada album baru Flo Rida, R.O.O.T.S.. Dia juga membentuk grup wanita pada tahun 2007 yaitu, Paradiso Girls, yang menandatangani kontrak dengan Geffen/Interscope Records. Kelompok ini memulai debutnya pada tahun 2009. will.i.am juga merekam empat lagu dengan anggota Girls Aloud, Cheryl Cole, untuk debut album solonya, 3 Words. Dua lagu ini juga dirilis sebagai single yaitu pada lagu "the title track" dan "Heartbreaker". Dan muncul di dua lagu, "Heaven" dan "Boy Like You". Dia juga bekerja sama dengan Rihanna pada album Rated R untuk lagu "Photographs".

will.i.am muncul di musik video We Are the World 25 for Haiti. Dia dulu juga tampil dalam video/lagu "OMG" (2010) dari Usher. Dia tampil di acara tahunan Electric Daisy Carnival pada bulan Juni 2010.

Dalam video YouTube yang diposting oleh YGLifeOfficial pada 15 Maret 2010, will.i.am menyatakan keinginannya untuk bekerja sama dengan kelompok k-pop wanita, 2NE1, yang sukses internasional saat itu. Ia kemudian menulis banyak lagu dan direkam di studio mereka sendiri di Los Angeles dan juga dalam sebuah studio di London. Ia juga sempat bernyanyi dengan Cher Lloyd pada acara X Factor, pada tanggal 11 Desember 2010.

Karir akting

will.i.am pertama kali mulai berakting, bersama seluruh anggota The Black Eyed Peas dalam serial "Instant Def" untuk mengiklankan produk Snickers. Ia membintangi film Madagascar: Escape 2 Africa sebagai karakter suara Moto Moto, dan dia juga menyumbangkan beberapa lagu untuk soundtrack film itu dan bekerja sama Hans Zimmer. will.i.am memerankan John Wraith dalam debut film utamanya, X-Men Origin: Wolverine, sebuah film prequel dari film X-Men. Dia juga sempat jadi bintang tamu pada drama CBS, Joan of Arcadia sebagai Tuhan.

will.i.am memainkan peran ayah juga pada The Urbz: Sims In The City, yang menggunakan lagu The Black Eyed Peas sebagai soundtracknya.

Fashion

Sebelum bergabung dengan The Black Eyed Peas, will.i.am sempat menghadiri Fashion Institute of Design & Merchandising di Los Angeles. Lalu, pada tahun 2001, ia mulai mendesain pakaian sendiri yang berlebel, i.am, yang dibuka pada tahun 2005 pada acara Magic Apparel Trade Show di Las Vegas. Pada tahun 2007, will.i.am bekerja sama dengan Blue Holdings untuk merancang koleksi pakaian denim, i.am Antik, yang dipamerkan di bulan Agustus 2007 pada proyek show di Las Vegas. will.i.am juga memiliki mitra baru dan meluncurkan pakaian i.am di Proyek Las Vegas pada bulan September 2009. will.i.am juga merancang pakaian untuk The Black Eyed Peas. Pada 2010 MTV Video Music Awards, will.i.am mengenakan pakaian dengan dandanan hitam hitam semua yang menyebabkan sejumlah orang komplen atas dirinya.

Politik

Pada bulan Januari 2008, will.i.am menulis lagu, "Yes We Can", dalam mendukung kampanye Presiden AS 2008 Barack Obama, dimana video musik lagu ini disutradarai oleh Jesse Dylan. Lirik dari lagu tersebut hampir seluruhnya terdiri dari kutipan pidato Obama pada tanggal 8 Januari 2008, setelah New Hampshire presidential primary election. video ini menampilkan beberapa selebriti termasuk Scarlett Johansson, Tatyana Ali, John Legend, Herbie Hancock, Kate Walsh, Kareem Abdul-Jabbar, Adam Rodríguez, Kelly Hu, Hill Harper, Amber Valletta, Eric Balfour, Aisha Tyler, Nicole Scherzinger, Nick Cannon, Bryan Greenberg, dan Common, dimana video ini pertama kali muncul di website untuk Dipdive. Video disaksikan hingga tiga juta orang dalam seminggu dan lebih dari empat juta termasuk di YouTube. Pada tanggal 13 Juni 2008, lagu "Yes We Can" memenangkan penghargaan pada 35th Annual Creative Arts and Entertainment Daytime Emmy Awards untuk New Approaches in Daytime Entertainment.

Pada tanggal 29 Februari 2008, video kedua berjudul, "We Are the Ones", dirilis pada Dipdive dan YouTube. Termasuk penampilan cameo dari Jessica Alba, Ryan Phillippe, Kerry Washington, anggota band Yellowcard; Ryan Key, John Leguizamo, Regina King, Tyrese Gibson, Eric Mabius, Tichina Arnold, Adrianne Palicki, komedian George Lopez, Macy Gray, Zoe Kravitz dan Taboo (The Black Eyed Peas). Semua artis dalam video itu meneriakkan "O-BA-MA" sebagai harapan dan keinginan untuk Barack Obama pada kampanye presiden.

Setelah pemilu 2008, will.i.am merilis lagu "It's a New Day". Video ini mencerminkan pada peristiwa historis yang menyebabkan pemilihan presiden Afrika-Amerika pertama dan reaksi publik untuk pemilihan tersebut. Beberapa artis dalam video itu termasuk Fergie, Olivia Wilde, Kanye West, Harold Perrineau, Kevin Bacon dan istrinya Kyra Sedgwick. Debut video ini diputar pada The Oprah Winfrey Show. lagu ini juga muncul pada album kompilasi di tahun 2009, yaitu "Change is Now: Renewing America's Promise".

Dalam menghormati pelantikan Barack Obama sebagai presiden, will.i.am berkolaborasi dengan produser David Foster pada lagu "America's Song", dengan berkolaborasi bersama Seal, Bono, Mary J. Blige, dan Faith Hill.

Menanggapi reaksi Barack Obama berikutnya, Kanye West's interruption of Taylor Swift pada MTV Video Music Awards di tahun 2009, will.i.am menulis "The Jackass Song". Ini sampel dari lagu Kanye West "Heartless". will.i.am juga menulis posting di blog bersama dengan lagu ini di Dipdive.

Grammy Awards

will.i.am telah memenangkan 7 Grammy Awards:
●2005, Best Rap Performance by a Duo or Group, untuk lagu "Let's Get It Started", oleh The Black Eyed Peas
●2006, Best Rap Performance by a Duo or Group, untuk lagu "Don't Phunk with My Heart", oleh The Black Eyed Peas
●2007, Best Pop Performance by a Duo or Group with Vocals, untuk lagu "My Humps", oleh The Black Eyed Peas
●2009, Best Urban/Alternative Performance, untuk lagu "Be OK", yang berkolaborasi dengan Chrisette Michele
●2010, Best Short Form Music Video, untuk lagu "Boom Boom Pow", oleh The Black Eyed Peas
●2010, Best Pop Vocal Album, untuk album "The E.N.D.", oleh The Black Eyed Peas
●2010, Best Pop Performance by a Duo or Group, untuk lagu "I Gotta Feeling", oleh The Black Eyed Peas

Latin Grammy Awards:
●2006, Best Brazilian Contemporary Pop Album, untuk album "Timeless", oleh Sérgio Mendes (will.i.am sebagai produser)

BMI Awards:
●2010, Penghargaan BMI (Broadcast Musik Incorporated)disajikan Presiden BMI untuk will.i.am untuk karyanya sebagai seniman dan produser. kehormatan ini diberikan kepada orang yang berjasa terhadap industri hiburan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar