Sabtu, 08 Januari 2011

Kim Hill

Kim Hill (lahir 7 Agustus 1972) adalah penyanyi dan penulis lagu dari Amerika, yang dikenal sebagai vokalis cadangan di band hip-hop Black Eyed Peas. Dia meninggalkan band pada tahun 2000 dan digantikan oleh Fergie pada tahun 2003. Hill memulai melakukan solo artis dengan merilis album Summertime in Aspen di tahun 2000, album Sugahill di tahun 2002, album Right Now di tahun 2005, serta album Okada Taxi di tahun 2007.

Kim adalah anak ketiga dari Norman D. Hill (1940-2006) dan Shirley A. Hill (1940-) di Syracuse, NY. Dia memiliki saudara kandung Brian K. Hill (lahir 1961) dan Teretha M. Hill-Williams (lahir 1963). Saat kecil, Kim belajar biola, piano, dan senam sebelum dia mendaftar di University of The Arts di Philadelphia sebagai dancer. Dia pindah ke Los Angeles pada tahun 1993 setelah setahun sebagai cheerleader pada tim bola basket, Philadelphia 76ers.

Kim Hill bertemu will.i.am, apl.de.ap dan Taboo pada tahun 1995 di Showcase Broadcast Music, Inc (BMI). Pertemuan ini menyebabkan mereka menulis beberapa lagu di album mereka, Behind the Front, termasuk hit lagu "The Way You Make Me Feel". Dia juga membantu menulis lagu "Mama's Just a Little Girl" dengan almarhum Tupac Shakur di album, Better Dayz. Kim dikenal sebagai pendiri Black Eyed Peas sebagai vokalis, dan memberikan kontribusi untuk lagu-lagu pada dua album mereka Behind the Front dan Bridging the Gap. konsep dan gaya tulisan Hill melahirkan lagu-lagu seperti "On My Own", yang berkolaborasi dengan penyanyi Les Nubians dan Mos Def, serta lagu "Hot". Dia pernah sepanggung dengan penyanyi-penyanyi lain, termasuk dengan almarhum Biggie Smalls, Outkast, The Pharcyde, Cody Chestnutt, Common, Slum Village, Raphael Saadiq, Jody Watley, De La Soul, No Doubt, A Tribe Called Quest dan Aaliyah. Selama menjadi anggota Black Eyed Peas, ia memperoleh kontrak solo dengan Interscope Records pada tahun 1998. Namun ia keluar dari lebel itu sebelum ia bisa merilis apa pun di tahun 1999.

Kim meninggalkan Black Eyed Peas pada tahun 2000 karena perbedaan kreatif. Tak lama kemudian, ia menandatangani kontrak dengan Up Above Records dan merilis debut albumnya, Surrender to Her Sunflower (2000), namun Hill meninggalkan label itu pada tahun 2001. Tahun itu juga, ia masuk ke lebel One bRace inDian, yang merilis album kedua, Suga Hill (2003). Dia berpisah dengan label itu pada tahun 2005 dan pada tahun 2006, ia menandatangani dengan lebel Concrete Grooves Records dan merilis album ketiganya, Okada Taxi (2007). Dan dia meninggalkan label itu pada tahun 2008. Hill terus menciptakan musik independen, deejay sebagai "DJ Kill him", dan telah diumumkan di Entertainment Tonight, Access Hollywood, dan di majalah Billboard dan Vibe. Saat ini, Kim tinggal di Los Angeles, dan menjadi ibu dari Cassius Etienne Harrison Hill, dan blogger.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar