Minggu, 23 Januari 2011

Chris Martin

Christopher Anthony John Martin atau biasa dipanggil Chris Martin (lahir 2 Maret 1977) adalah seorang penyanyi, pencipta lagu dan instrumentalis yang dikenal sebagai vokalis grup musik Coldplay.

Kehidupan awal

Chris Martin lahir di Exeter, Devon dan merupakan anak sulung dari lima bersaudara. Ayahnya, Anthony Martin, adalah pensiunan akuntan, dan ibunya, Alison Martin, adalah guru musik. Martin memulai pendidikan di Exeter Cathedral School. Itu adalah sekolahan waktu martin mulai membentuk band pertamanya, The Rocking Honkies, dengan Nick Repton & Iwan Gronow. tampilan awal band mereka disambut dengan ejekan dari orang-orang disekitarnya. Setelah lulus di Exeter Cathedral, Martin meneruskan di Sherborne School, sekolahan independen khusus buat anak laki-laki di Dorset. Disekolahan itu dia bertemu dengan orang yang nantinya akan menjadi manajer Coldplay, Phil Harvey. Martin melanjutkan studinya di University College London, tinggal di Ramsay Hall, yang mana disitu ia lulus dengan pujian Kelas Pertama dalam bahasa Yunani dan bahasa Latin. Di sinilah ia bertemu dengan teman-temannya yang akan menjadi anggota Coldplay, Jonny Buckland, Will Champion dan Guy Berryman.

Karir dan rekaman bersama Coldplay

Saat belajar di University College London, Martin bertemu Jonny Buckland, Will Champion dan Guy Berryman. Pada bulan Januari 1998, mereka membentuk band mereka Coldplay. Band ini telah diakui ketenarannya di internasional dan sukses sejak debut album mereka, Parachutes (2000). Sejak itu, mereka telah merilis beberapa album dan EP termasuk: A Rush of Blood to the Head, Live 2003, X&Y, Viva la Vida or Death and All His Friends, dan Prospekt's March.

Solo karir

Sebagai artis solo, Martin telah menulis lagu untuk beberapa artis termasuk Embrace pada lagu "Gravity" dan Jamelia pada lagu "See It in a Boy's Eyes". Martin juga pernah bekerja sama dengan Ron Sexsmith, Faultline, The Streets, dan Ian McCulloch. Dia juga menyanyikan bagian dari lagu untuk Band Aid 20 pada single, "Do They Know It's Christmas?" pada akhir tahun 2004. Pada tahun 2005, Martin berkolaborasi dengan Nelly Furtado pada lagu "All Good Things (Come to an End)", untuk album, Loose (2006). Martin juga pernah dikabarkan berpacaran dengan Nelly, setelah mereka berdua tampil di Glastonbury pada tahun 200, dan Furtado bercanda tentang kabar itu, dia mengatakan "Ya, dia pacar saya, cuma dia tidak mengetahuinya".

Pesona aliran hip hop Martin ditunjukkan pada musim panas 2006 ketika ia bekerja sama dengan rapper Jay-Z untuk albumnya Kingdom Come, setelah keduanya bertemu awal tahun ini. Martin menaruh beberapa chord bersama-sama untuk lagu "Beach Chair" dan mengirimnya ke Jay-Z yang meminta bantuan produser hip hop Dr Dre untuk menambahkan instrumen pada drum untuk menyelesaikan lagu itu. Lagu ini dinyanyikan pada tanggal 27 September 2006 selama tour Eropa di Royal Albert Hall. Pada tahun 2007, Martin muncul di lagu berjudul "Part of the Plan" untuk artis Swizz Beatz pada debut album solonya, One Man Band Man. Martin juga pernah berkolaborasi dengan Kanye West, pada jam session selama konser 2006 di Abbey Road Studios. Ia menyanyi untuk back vokal pada lagu "Homecoming", dari album West, Graduation.

Job lain

Martin dan gitaris Jonny Buckland membuat peran cameo dalam film Shaun of the Dead sebagai pendukung amal dalam peran fiksi ZombAid, Martin berperan di film itu sebagai Zombie. Pada tahun 2006 Martin juga mendukung film dalam peran cameo dari episode empat film seri komedi Extras, kreasi dari Ricky Gervais dan Stephen Merchant. Ia juga menyanyikan lagu pada soundtrack film komedi Bruno (2009) bersama Bono, Sting, Slash, Snoop Dogg dan Elton John. Martin menyanyikan lagu di pertunjukan "Sid James Experience". Dia adalah pengkritik suara Presiden George W. Bush dan perang di Irak. Martin adalah pendukung kuat calon presiden Demokrat John Kerry, diutarakan pada pidato penerimaan piala pada Grammy Awards tahun 2004, untuk Record of the Year, pada lagu "Clocks". Martin juga pendukung calon Partai Demokrat untuk Presiden pada tahun 2008, memberikan teriakan untuk Barack Obama pada akhir pertunjukan saat menyanyikan lagu "Yellow" pada episode Saturday Night Live pada 25 Oktober 2008.

Pada tanggal 1 April 2006, The Guardian memberitakan bahwa Martin sedang mengundurkan diri dari Conservative Party di Inggris pimpinan David Cameron dan telah menulis tema lagu baru untuk partai itu berjudul "Talk to David". Hal ini kemudian dinyanyikan menjadi guyonan pada perayaan April Fool. Sementara tour di Australia pada Maret 2009, Martin dan Coldplay tampil pada pembukaan konser amal Sound Relief pada Sydney Cricket Ground di Sydney untuk musibah kebakaran hutan dan banjir di Victoria dan Queensland. Dimana saat menyanyikan lagu terakhir "Fix You", Martin melompat dari panggung dan terus menyanyikan lagu pada kerumunan ribuan penggemar yang mengejarnya. Lagu selesai dengan baik sebelum ia berhasil kembali ke atas panggung, tapi dia berhasil menahan diri menyanyikan sampai akhir di bawah kelelahan. Dia begitu lelah sehingga ia membiarkan orang banyak bernyanyi untuknya juga. Pada akhir pertunjukan, ia mengatakan "Saya harap tidak ada yang terluka". Dia diberitakan harus berbaring selama setengah jam pada back stage karena sangat kelelahan.

Kehidupan pribadi

Martin bertemu aktris Amerika Gwyneth Paltrow pada tahun 2002 di panggung backstage Coldplay setelah kematian ayah aktris ini, Bruce Paltrow. setahun kemudian Pasangan ini menikah pada tanggal 5 Desember 2003. putri mereka, Apple Blythe Alison Martin, lahir pada tanggal 14 Mei 2004 di London, dan anak keduanya, Moses Bruce Anthony Martin, lahir pada 8 April 2006 di New York City. Simon Pegg dan teman band Martin, Jonny Buckland adalah ayah baptis bagi anaknya Apple. Martin adalah teman lama dari Pegg, mereka bertemu di tahun 2001 dan sempat muncul di salah satu film Pegg, Shaun of the Dead. Martin adalah penyayang binatang dan sangat disiplin. Dia tidak merokok atau minum alkohol.

1 komentar:

  1. Permisi Numpang Jualan Gan T-Shirt yahud

    T-Shirt Coldplay Action Figure
    Bahan Cotton Combed 30S
    Ready Stock Size M, L, XL

    KemisKliwon.com

    Thanks

    BalasHapus