Senin, 24 Januari 2011

Jonny Buckland

Jonathan Mark Buckland (lahir 11 September 1977), yang dikenal dengan nama Jonny Buckland, adalah gitaris dan musisi dari Inggris, dan dikenal sebagai gitaris dari band Coldplay.

Kehidupan awal

Buckland lahir di Islington London, dan tinggal di sana sampai usia empat tahun, ketika keluarganya pindah ke Pantymwyn North Wales. Ia mulai bermain gitar pada usia sebelas, setelah didukung oleh The Stone Roses, Ride, George Harrison dan My Bloody Valentine, juga didukung oleh kakaknya Tim. Ia adalah seorang mahasiswa di Ysgol y Waun dan Alun School, yang terakhir terletak di kota Welsh dari Mold, dia pindah untuk mempelajari astronomi dan matematika di University College London, di mana dia disitu bertemu dengan pasangan masa depan bandnya, Chris Martin, Guy Berryman dan Will Champion, dan membentuk Coldplay. Sementara di University College London, Buckland, bersama dengan Martin, sempat bekerja sebagai petugas kebersihan sekolah.

Solo karir

Buckland telah menjadi artis pendukung pada album solo Ian McCulloch, Slideling (2003), dan membuat penampilan cameo dengan pasangan band Chris Martin dalam film besutan Simon Pegg, Shaun of the Dead.

Kehidupan pribadi

Chris Martin sering memanggilnya dengan julukan "Jonny Boy" selama konser, terutama jika Buckland saat melakukan solo riff panjang gitarnya. Martin telah mengatakan, Tidak akan ada Coldplay tanpa musik Jonny Buckland. Keakraban antara Martin dan Buckland sering terlihat selama konser live dan wawancara. Buckland adalah ayah baptis bagi putri Martin, Apple, bersama dengan Simon Pegg. Dia adalah penggemar Tottenham Hotspur F.C.. kakak Buckland, Tim dan bandnya The Domino State, menjadi band pendukung Coldplay di Arena O2 pada bulan Desember 2008. Buckland mempunyai status hubungan jangka panjang dengan kekasihnya Chloe Lee-Evans. Sampai mereka memiliki seorang putri Violet, yang lahir 3 November 2007 yang berada di London. Pada tanggal 14 November 2009, Buckland dan Lee-Evans menikah di tempat mewah, One Marylebone di London.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar