Senin, 24 Januari 2011

Guy Berryman

Guy Rupert Berryman (lahir 12 April 1978, di Kirkcaldy Skotlandia), biasa di panggil dengan nama Guy Berryman, adalah multi- instrument dari Skotlandia yang dikenal sebagai bassist untuk kelompok Coldplay.

Berryman mulai mengambil jurusan teknik di University College London. Setelah itu, dia keluar dari jurusan itu dan beralih dan mengambil program tujuh tahun untuk jurusan arsitektur. setelah satu tahun, dia putus dari gelar arsitektur untuk fokus pada bermain bass dengan Coldplay. Sementara anggota band ini masih dalam kerjaannya, bekerja sebagai bartender di pub lokal di London. Ia disebut "anggota yang paling tampan di band", dimana Chris Martin biasanya mengomentari penampilan dan ketampanannya. Selama Twisted Logic Tour untuk mempromosikan album ketiga Coldplay, X&Y, Berryman sempat mengambil gambar candid dari band dengan kamera dan melemparkannya ke penonton.

Kehidupan pribadi

Berryman dididik di sekolah independen di Skotlandia, The Edinburgh Academy, dan Kent, pada Kent College Canterbury, sebelum menghadiri University College London. Pada tahun 2004, Berryman menikahi Joanna Briston, kekasih masa kecilnya, dalam sebuah upacara biasa di Kota Westminster. Mereka memiliki satu anak, Nico, lahir pada tanggal 17 September 2006. Briston mendirikan toko pakaian bernama Jezebell di London, yang telah ditutup karena hutang saat menjalankan bisnis itu. Saat pembukaan toko itu dihadiri oleh bandmates Jonny Buckland dan Will Champion, serta mitra bisnisnya. Pada bulan Maret 2007, juru bicara Coldplay menegaskan bahwa Guy dan Joanna berpisah setelah tiga tahun menikah. Mereka sekarang bercerai, tapi satu sama lain sering mengunjungi dan menperhatikan kebutuhan putri mereka Nico.

Berryman adalah seorang pelari maraton keranjingan dan suka berjalan di taman terdekat atau di sekitar lingkungan hotel-hotel setiap kali band ini tour. Dia juga memiliki minat menjadi photografer, fashion dan elektronik gadged.

Menurut sebuah artikel yang dirilis oleh MSN di Inggris pada bulan April 2008, Berryman memiliki kekayaan diperkirakan sebesar £ 25 juta.

Mark Berryman, saudara Guy, saat ini tinggal di Skandinavia. Mark telah banyak membantu band dan dia merupakan bagian integral dari kesuksesan Coldplay. Guy dan Mark dikenal telah menjadi pendukung utama dari band selama bertahun-tahun saat di Canterbury. Mark menikah di Skandinavia dan merupakan ayah dari sikembar. Mark telah pindah untuk menjalankan bisnis ekspor impor.

Pada tanggal 7 Juni 2010, The Sun melaporkan bahwa Berryman dan saudaranya Mark akan membentuk sebuah perusahaan barang antik.

Proyek musik lain

Pada tahun 2004, Guy (dan Will Champion) berkolaborasi dengan Magne Furuholmen dari a-ha, di album solo Furuholmen, Past Perfect Future Tense, pada lagu Kryptonite. Pada tahun 2008, Berryman berpartisipasi untuk theme song film Umi no Shanghai. Dia juga memainkan bass gitar di album Furuholmen, A Dot of Black in the Blue of Your Bliss. Pada tahun yang sama ia bersama dengan Magne Furuholmen, Jonas Bjerre (dari Mew), dan Martin Terefe membentuk band yang bernama Apparatjik untuk bekerja pada theme song seri BBC2, Amazon. Tema ini tersedia bersama dengan lagu eksklusif dari berbagai artis lain pada album amal Survival International, Songs for Survival. Apparatjik baru-baru ini mengumumkan pada halaman Twitter dan Facebook, bahwa sebuah lagu baru yang berjudul "Electric Eye" akan tersedia pada tanggal 30 November, sebagai download gratis di situs Web mereka. Apparatjik menjadikan penampilan pertama live mereka di edisi kesebelas transmediale klub, festival tahunan di Berlin, yang dijadwalkan antara tanggal 28 Januari dan 7 Februari 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar